Senin, 16 November 2020

EKSPLORASI KONSEP - MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

Usai menyimak bacaan Inkuiri Apresiatif dan video BAGJA di atas, buatlah sebuah kesimpulan sepanjang 200-400 kata. Kesimpulan tersebut akan Anda bawa ke forum diskusi untuk dibagikan kepada rekan CGP lainnya.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan pemandu untuk membantu Anda dalam membuat kesimpulan:

●      Apa saja yang menurut Anda menjadi informasi utama dalam bacaan dan video tersebut?

●      Mengapa informasi tersebut diberikan pada Anda sekarang sebagai calon guru penggerak?

●      Informasi apa yang paling dapat membantu sebagai guru penggerak kelak?

●      Hal kecil apa yang dapat Anda lakukan sekarang setelah memperoleh informasi tersebut?

Menurut saya informasi yang terpenting dalam video tersebut yakni reformasi budaya sekolah bukanlah hal yang tidak mungkin. Untuk melakukannya diperlukan orang-orang yang bersedia melawan arus naif tentang inovasi dan terbuka terhadap kenyataan yang bersifat manusiawi. Perubahan yang positif dan konstruktif di sekolah biasanya membutuhkan waktu dan pendekatan. Di mana pendekatan IA dapat membantu membebaskan potensi inovatif dan kreativitas,  serta menyatukan orang dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh proses manajemen perubahan yang biasa. IA menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif dan pendidikan positif. Pendekatan IA percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Di sekolah, pendekatan IA dapat dimulai dengan mengidentifikasi hal baik yang telah ada di sekolah,  mencari cara agar bagaimana hal tersebut dapat dipertahankan, sehingga kelemahan, kekurangan dan ketidak-adaan menjadi tidak relevan. Berpijak dari hal positif tersebut, sekolah kemudian menyelaraskan hal positif atau kekuatan tersebut  dengan visi sekolah dan visi setiap individu dalam komunitas sekolah.

Informasi ini sangat penting diberikan lebih awal guna menjadi dasar pemikiran untuk berkolaborasi nantinya di komunitas sekolah. lagi pula untuk memastikan bahwa perubahan terjadi secara mendasar dalam operasional sekolah kedepannya, maka para calon guru penggerak hendaknya mulai dengan memahami dan mendorong perubahan budaya sekolah dengan menikuti kaidah IA yang telah dijabarkan didalam video singkat sebelumnya.

Informasi yang paling membantu calon guru penggerak kelak yakni prihal IA yang dimulai dengan menggali hal-hal positif, keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki sekolah, sebelum menapak pada tahap selanjutnya dalam melakukan perencanaan perubahan. 

Hal kecil yang dapat saya lakukan dalam waktu dekat ini terkait informasi yang telah saya dapatkan ialah menyelaraskan kekuatan visi yang dimiliki sekolah. Caranya adalah dengan mengupayakan agar kelemahan suatu sistem dalam sekolah menjadi relevan, karena semua aspek dalam sekolah fokus pada penyelarasan kekuatan visi sebagai tujuan tanpa memperhatikan dan mengatasi kelemahan yang akan timbul.


9 komentar: