Senin, 16 November 2020

1.3.a.1 - MULAI DARI DIRI - VISI GURU PENGGERAK

Sebagai guru, kita memerlukan sebuah visi yang jelas menggambarkan seperti apa layanan dan lingkungan pembelajaran yang perlu kita berikan pada murid kita. Keyakinan kita atas visi itulah yang akan terus membuat kita terpacu untuk melakukan peningkatan kualitas diri serta menguatkan kolaborasi di lingkungan sekolah sehingga menjadi upaya perbaikan yang berkesinambungan. Latihan di atas adalah bagian dari kegiatan menulis kreatif yang berupaya membantu Anda dalam menyingkap visi apa yang sebetulnya selama ini telah diyakini dan perlu terus diyakini demi kemaslahatan murid-murid.

Pada tahap ini, Anda akan ditantang untuk melengkapi kalimat rumpang dalam paragraf berikut ini, Anda juga boleh menambahkan kalimat lain jika diperlukan, sehingga tersusun sebuah paragraf utuh yang dapat menggambarkan visi tentang sekolah yang Anda impikan secara pribadi. Sebuah sekolah yang menumbuhkan murid merdeka. Selamat berkreasi!

1. Saya merindukan sebuah sekolah yang ...

Kreatif, berakhlak mulia, berwawasan lingkungan dan teknologi

2. Sehingga, yang saya temukan di sekolah ini adalah kesungguhan mereka dalam ...

Menumbuhkan semangat berpikir kritis, berinovasi, bertaqwa, dan mempunyai tingkat kesadaran lingkungan serta mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

3. Sekolah ini percaya bahwa belajar adalah ...

Belajar sejatinya adalah berbagi, berbagi ilmu adalah sedekah.

4. Sekolah ini tidak mengizinkan ...

Sekolah tidak mengizinkan untuk membeda-bedakan peserta didik.

5. Murid di sekolah ini sadar betul bahwa ...

Belajar merupakan hal yang terpenting dimana pendidikan adalah kunci dari masa depan, Rajin dan berakhlak adalah salah satu hasil dari prestasi.

6. Murid di sekolah ini sudah jenuh dengan ...

Jenuh dengan beban tugas yang terlalu banyak. 

7. Guru di sekolah ini tidak ragu untuk ...

Melakukan kolaborasi, melakukan hal baru serta memanfaatkan teknologi yang ada.

8. Guru di sekolah ini paham bahwa ...

Paham bahwa tugasnya menjadi seorang pengajar tidaklah mudah, penuh tanggung jawab oleh karena itu guru berharap mempu memberikan yang terbaik untuk peserta didik, menjadi pendengar yang baik, serta mampu menjadi role model untuk lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar